:: lets your hand do the talking ::

Minggu, 05 Juni 2011

sedikit tentang P a s t a !

Lagi gandrung sama Pasta nih, gara-gara K-drama Pasta (beeeuh,abege pisan saya :p), sukanya dari tayangan ini apa..karena setiap scene mata kita disegerin sama berbagai macam tipe pasta yang bikin ngiler dan keroncongan, dan yang paling bikin makan ati..kenapa ya porsi yang disajiin tuh selalu dikit-dikit banget pdhl piringnya guede (hehe,halaaah..padahal mah itu kan chefnya mmg udah ngitung berapa kalorinya yak! sehat tuuh), beda banget sama pola makan saya yang full sepiring dengan berbagai macam lauk-pauknya, haaa.. 

hadeeuuuh abege banget sih guwa >.< tontonannyaaa..haha..sekali-kali laah..repressing -.-", lumayanlah bisa kenal dengan para pasta yang ada berbagai macam jenisnya,heee..bisa tau filosofi pasta..yang tadinya keras/rigid/masiv/kaku, ketika di masak dalam air mendidih maka akan layu/lemas/nyemplung dalam kuwali (*yaiyalaaah, loe pikir?! lol) coba kita ambil filosofinya yah..((maksa)).. life is like pasta, it's delicious, so enjoy ur life! :)) 
paling engga pasta yang tadinya rigid itu pasti bisa layu bila direbus berjam-jam didalam pancimu..bahkan tambah lezat kalo dikasi sauce..diaduk-aduk..dimakan..nikmat..kenyang (walopun dengan beban karena memang butuh perjuangan untuk bisa mendapatkan kekenyalan rebusan pasta & racikan bumbu yang pas dari pasta itu), begitu juga dengan tantangan dalam hidupmu sebagaimanapun berat/rigid nya masalah yang kita hadapi, akan melelui proses-prosesnya jangan sampai buat kita frustasi dan lupa dengan kelezatan akhir yang akan kita cicipi.. jangan lantas membuat kita kerdil didepan manusia dengan masalah yang ada, karena ada yang lebih Maha diatas segala.. selalu ada kemudahan dibalik kesusahan..selalu ada kemudahan dibalik kesusahanmu.. kamu dapat melaluinya dengan segala kekurangan dan keterbatasanmu! fighting!  
Dlm Alqur'an kata yang paling banyak terkait dengan sifat = sabar. artinya bkn brtahan. Tapi terus maju dg beban yg ada [@anismatta]

you can do it ! ...si può fare! 

walaupun ga sering makan pasta.. se'enggaknya saya pernah makan jenis shrimp pasta (itu lho yang bentuknya panjang-panjang kayak mie,langsing-langsing) dari warung spageti murmer sekitar kosan didaerah Jl. DR. Susilo Raya - Grogol, kalo jenis fussili & macaroni pernah juga tapi ga dijadiin pasta atau direbus+sauce melainkan digoreng jadi camilan/snack kayak jajanan lidi-lidian waktu SD haha maksaa'.., kalo yang jenis penne kakak pertama pernah buat pas lebaran kemarin ada yang versi direbus trus dikasi saucenya ada yang direbus+goreng jdi kayak bakwan gitu tapi isinya penne plus ada lelehan sauce mayonesnya :d enyaaaaak dicocol ke saos sambal/tomat (endonesia sekali -pake digoreng segala-) :'( ! *ngiler meeen~ 

penampakan jenis-jenisnya nih
Ragam bentuk pasta:

Ada ratusan bentuk pasta, berikut beberapa diantaranya:
- Farfalle. Pasta bentuk dasi kupu-kupu dengan tepi bergerigi. Cocok untuk hidangan salad atau main course dengan saus yang creamy seperti mornay sauce.

- Conchiglioni. Menyerupai kulit kerang. Lebih pas untuk isi soup, salad dan main course.

- Cannelloni. Bentuknya seprti pipa berlubang dengan diameter 3 cm panjang ± 5 cm. Sejenis cannelloni dengan bentuk lebih pendek dikenal dengan nama rigatoni, sedangkan yang berujung serong disebut penne. Cocok di masak dengan daging dan keju pada hidangan panggang maupun rebus.

- Lasagne. Berbentuk lembaran tipis dengan panjang ± 27 cm, lebar 5 cm. Dapat dijumpai dalam tiga warna, kuning untuk hidangan panggang, merah biasanya di olah dengan saus tomat dan hijau cocok dipadu dengan bayam atau aneka sayuran.

- Spaghetti. Bentuknya seperti lidi panjang tanpa lubang. Sangat cocok di sajikan dengan saus bolognese (saus tomat dengan daging cincang). Masih sejenis spaghetti dengan ukuran lebih kejil dan pendek dikenal dengan sebutan vermicelli. Cocok diolah bersama seafood, daging maupun untuk isi soup.

- Fusilli. Menyerupai bentuk spiral. Biasanya di olah dengan cream sauce dengan tomat dan kacang polong.

- Macaroni. Pasta bentuk pipa melengkung dengan lubang ditengahnya. Terasa pas untuk hidangan panggang seperti macaroni schootel dan isi aneka soup.

- Canelloni. Seperti pipa agak besar. Biasanya diisi daging pada bagian tengahnya yang berlubang.

- Fettuccine. Bentuknya seperti kuetiau, pipih dan lebar. Dapat dijumpai dalam tiga warna, hijau dari sari bayam, hitam dari tinta cumi-cumi, dan kuning dari telur. Cocok dijadikan sajian main course dengan daging, keju, sayuran atau seafood. 


_kehidupan akan terus berjalan, bersemangatlah, sehatlah!_  :) :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar